30 ISTILAH DALAM INTERNET
1. LAN
Local Area Network biasa disingkat LAN
adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti
jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih
kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet
menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100,
atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau
biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat
yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau
komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal.
Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan
hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau
perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi
dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Karakteristik
LAN :
a.
Mempunyai pesat data
yang lebih tinggi
b.
Meliputi wilayah
geografi yang lebih sempit
c.
Tidak membutuhkan
jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
d.
Biasanya salah satu
komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang
mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.
2. MAN
Metropolitan area network atau
disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data
berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus,
perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari
beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan
jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu
jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang
menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan
sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN
ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk
membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi
dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
3. WAN
WAN adalah singkatan dari istilah
teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan
komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer
antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai
jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan
lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau
komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer
di lokasi yang lain.
4. URL
Pengertian URL (Uniform
Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar
tertentu , yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen
dan gambar di Internet . URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada
tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen-dokumen dapat mereferensikan pranala ke
World Wide Web . Sejak 1994 , konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah
Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya .URL singkatan dari Uniform Resource Locator . URL
adalah lokasi dari sebuah file di dalam web .
5. Internet
Protocol Adress
Alamat IP (Internet Protocol Address
atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai
128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam
jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP
versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari
komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
6. DNS
Domain Name System (DNS) adalah
distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name
resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control
Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung
ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host
name sebuah komputer ke IP address.
7. Http
Pengertian HTTP atau definisi HTTP (HyperText
Transfer Protocol) adalah sebuah protokol untuk meminta dan menjawab antara
client dan server . Sebuah client HTTP seperti web browser , biasanya memulai
permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tempat yang jauh
(biasanya port 80) . Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut
menunggu client mengirim kode permintaan (request) , seperti “GET / HTTP/1.1”
yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan , diikuti dengan pesan MIME
yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari
permintaan tersebut , diikut dengan badan dari data tertentu .
8. WWW
WWW
=World Wide Web bukan Internet . Tetapi , www merupakan jaringan yang terbesar
dan terpopuler di internet. Data www disebut website atau webpages . Di
dalamnya ada tulisan, gambar, foto, suara , dan video . Dengan World Wide Web,
kita dapat masuk atau surfing ke berbagai webpages . Tentunya , dengan
menggunakan bahasa khusus yang disebut Hypertext Transfer Protocol atau HTTP .
Internet tidak hanya berisi World Wide Web. Ada juga jaringan-jaringan lain di
dalamnya . Misalnya , SMTP/POP untuk email , P2P untuk musik dan video , dan
FTP untuk men-download . Setiap jaringan itu punya bahasa-bahasa khususnya
sendiri .
9. TLD
TLD atau Top Level Domain Name adalah
ektension atau kata yang berada dibelakang domain seperti .com (dot
commercial), .net (dot network), .org (dot organization), .info (dot
information) .edu (dot education), .gov (dot goverment), dan .mil (dot
military). Ada dua Top Level Domain, yaitu Generic Top Level Domain (gTLD) dan
Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah domain yang akhiran .com,
.net dan .org sedangkan ccTLD adalah TLD yang dikhusus untuk masing-masing
negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, go.id, net.id dll) atau Jepang
dengan kode jp (co.jp, ne.jp, or.jp dll).
Keuntungan yang dapat diperoleh jika
memiliki Top Level Domain (TLD) ialah hasil pencariannya lebih diutamakan di
search engine. Sehingga situs yang menggunakan Top Level Domain akan lebih
diunggulkan peringkatnya dalam hasil pencarian di google. Selain itu (TLD)
membuat blog terlihat lebih profesionaldan pengunjung juga mudah mengingat
domain blog tersebut.
10.
E-mail
E-Mail
(Electronic Mail) adalah sebuah
fasilitas komunikasi dalam Internet yang berfungsi mengirim surat secara
elektronik yang dapat menjangkau ke seluruh dunia. Dibandingkan dengan surat
biasa, e-mail mempunyai keunggulan yang lebih aman serta tidak membedakan jarak
dan waktu. Secara garis besar, E-mail dapat dibedakan menjadi dua, yaitu e-mail berbasis SMTP/POP (e-mail yang menggunakan server SMTP/POP, yaitu komputer yang
dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya
) dan e-mail berbasis web (akses e-mail dilakukkan melalui Web Mail dengan menggunakan
browser ).
11.
Browsing
Browsing
adalah Berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet.
Berselancar ini bisa dilakukan dengan sebuah program yang disebut browser,
software untuk berselancar. Browsing dapat juga diartikan seni pencarian
informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, mencari istilah dll. Browsing adalah
menjelajah dunia maya atau internet untuk mencari sesuatu yg bermanfaat membaca
berita secara online itu juga salah satu browsing. Browsing bermanfaat untuk :
menambah pengetahuan dan memperluas wawasan,Browsing untuk Belajar online, Browsing untuk mencari file yang akan kita
download.
12.
GPRS
GPRS (General Packet Radio Service )
adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih
cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD.
Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service)
menghasilkan generasi baru yang disebut 2.5G. Sistem GPRS dapat digunakan untuk
transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data
gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web (WWW).
13.
UMTS
Universal Mobile Telecommunication System atau UMTS
biasanya disebut juga dengan Wideband Code-Division Multiple Access atau WCDMA,
merupakan teknologi generasi ketiga (3G) untuk GSM. Teknologi ini tidak
kompatibel dengan CDMA2000 atau sering disebut juga dengan CDMA saja. Teknologi
ini menggunakan Wideband-AMR (Adaptive Multi-Rate) untuk kodifikasi suara
sehingga kualitas suara yang didapat menjadi lebih baik dari generasi
sebelumnya.
14.
HSDPA
High-Speed Downlink Packet Access atau HSDPA,
merupakan salah satu protokol yang memper baiki proses downlink atau penurunan
data dari server ke perangkat (unduh), dengan kecepatan mencapai 14.4Mbit/s.
Sedangkan proses uplink dalam teknologi HSDPA mencapai 384kbit/s. Dengan
kecepatan tersebut, pengguna perangkat bergerak dapat menerima data yang berukuran
besar seperti lampiran pada e-mail, persentasi dalam bentuk Power point, atauun
dapat membuka halaman web.
Sebagai gambaran, jaringan HSDPA dengan kecepatan
3.6Mbit/s dapat mengunduh data musik yang berukuran sekitar 3 Mb dalam waktu
8,3 detik dan data video yang berukuran 5 Mb dalam waktu 13,9 detik. HSDPA
hadir sejak tahun 2006 di Eropa.
15.
EVDO
EVDO atau
Evolution Data Only/Evolution Data Optimized adalah suatu standar untuk
transmisi data secara nirkabel komunikasi generasi ketiga atau yang dikenal
dengan 3G, berbeda dengan 3G pada GSM, EVDO diciptakan secara khusus hanya
untuk CDMA dengan menggunakan frekuensi radio.(wikipedia) EVDO menggunakan
jaringan CDMA 2000 untuk menyediakan akses kepada perangkat telekomunikasi
jaringan bergerak dengan interface pada kecepatan 2,4 Mbps untuk EVDO Rev.0,
dan 3,1 Mbps untuk EVDO Rev.A, sementara untuk EVDO Rev.B masih belum diketahui
berapa kecepatan yang bisa dihasilkan oleh revisi ini, yang pasti tentunya
kapasitas bandwith transmisinya lebih unggul ketimbang dua EVDO sebelumnya
16.
WIMAX
WiMAX adalah singkatan dari Worldwide
Interoperability for Microwave Access,merupakan teknologi akses nirkabel pita
lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan
akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari
teknologi BWA sebelumnya dengan fitur- fitur yang lebih menarik. Disamping
kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi
dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa
vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan
data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi
broadband ‘last mile’, ataupun backhaul.
17.
Netrwork Card
Kartu jaringan (Inggris: network
interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang
berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC
yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC
yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token
Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter
dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC
diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat
statis atau dapat diubah oleh pengguna.
18.
Repeater
Repeater adalah Suatu
perangkat yang dipasang di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk
memperbarui sinyal-sinyal yang di transmisikan agar mencapai kembali kekuatan
dan bentuknya yang semula, guna memperpanjang jarak yang dapat di tempuh. Ini
di perlukan karena sinyal-sinyal mengalami perlemahan dan perubahan bentuk
selama transmisi.
Repeater merupakan alat yang dapat menerima sinyal
digital dan memperkuatnya untuk diteruskan kembali. Repeater juga dapat
memperjauh jarak transmisi data. disamping itu, repeater dapat memperkecil
noice pada sinyal transmisi yang datang. Fungsi Repeater bekerja pada
level physical layer dalam model jaringan OSI, Tugas utama dari repeater adalah
menerima sinyal dari satu kabel LAN dan memancarkannya kembali ke kabel LAN
yang lain. Pada jaringan wireless, repeater diletakkan pada gedung-gedung yang
tinggi, menara pemancar, atau dipuncak gunung. hal ini bertujuan agar sinyal
yang diterima dapat dipancarkan dan diterima dengan baik, dengan adanya
repeater, jarak gelombang yang dapat ditempuh oleh jaringan wireless juga
semakin jauh.
19.
HUB
Hub
merupakan perangkat jaringan yang bekerja di OSI layer 1, Physical Layer.
Sehingga dia hanya bekerja tak lebih sebagai penyambung atau concentrator saja,
dan hanya menguatkan sinyal di kabel UTP. HUB tidak Mengenal MAC Addressing /
Physical Addressing sehingga tidak bisa memilah data yang harus ditransmisikan
sehingga collision tidak bisa dihindari dari penggunaan HUB ini.
Fungsi
HUB:
a.
Memfasilitasikan penambahan penghilangan
atau penambahan workstation
b.
Menambah jarak network ( fungsi sebagai
repeater )
c.
Menyediakan fleksibilitas dengan
mensupport interface yang berbeda ( Ethernet, Toket ring, FDDI )
d.
Menawarkan featur yang fault tolerance
( Isolasi Kerusakan )
e.
Memberikan menegement yang
tersentralisasi ( koleksi informasi, diagnostic)
20.
Switch
Switch
merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 2, Data Link Layer.
dia bekerja sebagai penyambung / concentrator dalam Jaringan. Switch mengenal
MAC Adressing shingga bisa memilah paket data mana yang akan di teruskan ke
mana.
Fungsi Switch
: Dan switch ini digunakan sebagai repeater/penguat. Berfungsi untuk
menghubungkan kabel-kabel UTP ( Kategori 5/5e ) komputer yang satu dengan
komputer yang lain. Dalam switch biasanya terdapat routing, routing sendiri
berfungsi untuk batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam
LAN.
21.
Bridge
Bridge
jaringan adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas
jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di
dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk
menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media
kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur
jaringan yang berbeda.
Fungsi Bridge
: BRIDGE berfungsi untuk membagi sebuah jaringan hingga menjadi dua buah
jaringan . BRIDGE mengatur informasi diantara kedua sisi network agar dapat
berjalan dengan teratur.
22.
Router
Router
merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3, Network Layer. Pada
layer ini sudah dikenal pengalamatan jaringan menggunakan IP Address, dan
router ini berperan penting sebagai penghubung/penerus paket data antara dua
segmen jaringan atau lebih.
Fungsi Router
: Router berfungsi utama sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk
meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Perbedaannya dengan
Switch adalah kalau switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk
suatu Local Area Network (LAN).
23.
PSTN
PSTN
(Public Switched Telephone Network) Merupakan suatu jaringan telepon
yangmenggunakan perantara kabel atau media penghubung lainnya. Biaya yang
dihasilkan oleh jaringan PSTN cukup murah, maka dari itu jaringan PSTN telah
dikenal lama olehmasyarakat luas untuk penggunaan telepon rumah dan jaringan
internet. Jaringan inimerupakan produk dari perusahaan telepon di Amerika yang
bernama AT&T (AmericanTelephone and Telegraph Company) yang berdiri atas inovasi dari Alexander GrahamBell.
Komponen Jaringan PSTNJaringan PSTN
memiliki lima komponen dasar, yaitu telepon, network access, centraloffices
(CO), trunks dan special circuits, serta CPE (Customer Premise Equipment).
24.
CDMA
Code division multiple access
(CDMA)
adalah sebuah bentuk pemultipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan
sebuah metode akses
secara bersama
yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara
mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal
yang ada dan menggunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus
itu untuk melakukan pemultipleksan.
Dalam perkembangan teknologi telekomunikasi telepon selular terutama yang berkaitan
dengan generasi ke-tiga (3G), CDMA menjadi teknologi pilihan masa depan.CDMA
juga mengacu pada sistem telepon seluler digital yang menggunakan skema akses
secara bersama ini,seperti yang diprakarsai oleh Qualcomm.CDMA adalah sebuah teknologi
militer yang digunakan pertama kali pada Perang Dunia II oleh sekutu Inggris
untuk menggagalkan usaha Jerman mengganggu transmisi mereka. Sekutu memutuskan
untuk mentransmisikan tidak hanya pada satu frekuensi, namun pada beberapa
frekuensi, menyulitkan Jerman untuk menangkap sinyal yang lengkap.
Sejak itu CDMA digunakan dalam banyak sistem
komunikasi, termasuk pada Global
Positioning System (GPS)
dan pada sistem satelit OmniTRACS untuk logistik
transportasi. Sistem terakhir didesain dan dibangun oleh Qualcomm, dan menjadi
cikal bakal yang membantu insinyur-insinyur Qualcomm untuk menemukan Soft Handoff dan kendali tenaga
cepat, teknologi yang diperlukan untuk menjadikan CDMA praktis dan efisien
untuk komunikasi seluler terrestrial.
25.
VSAT
Very
small Aperture Terminal (VSAT) adala stasiun pemancar yang digunakan untuk
komunikasi via satelit berupa data, suara dan sinyal video. VSAT terdiri dari
dua bagian, yaitu transceiver yang berada di luar ruangan dan harus berada pada
garis lurus denga satelit yang dituju, serta perangkat yang menggunakan
komunikasi VSAT seperti kkomputer atau mesin ATM.
26.
Band Width
Bandwidth atau
sering disebut juga throughput (cmiiw) adalah lebar “width” dari sebuah
frequency band. Bandwidth dari sebuah jaringan ditentukan dari jumlah bit
yang dapat di transmisikan melalui jaringan/network dalam periode waktu
tertentu.
Misalnya sebuah
jaringan memiliki bandwidth sebesar 10 Mbps, hal ini berarti bahwa jaringan
tersebut mampu untuk mengirimkan 10 juta bit tiap detiknya.
27.
Back Bone
Backbone adalah saluran atau koneksi
berkecepatan tinggi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan. Network
backbone adalah network yang menghubungkan beberapa jaringan dengan
berkecepatan rendah melalui gateway.
Keuntungan
yang dapat diperoleh dari sistem interkoneksi dengan jaringan backbone ini
adalah :
• Jaringan backbone mempunyai kecepatan transfer data
mencapai 100 Mbps sehingga dapat mengurangi terjadinya peristiwa bottleneck.
• Jaringan backbone biasanya akan menggunakan teknik dual ring sehingga memiliki fault tolerance yang sangat tinggi.
• Jaringan backbone dapat mendukung lalu lintas data, suara dan gambar.
• Lingkup jaringan dapat mencapai 100 km.
• Jaringan backbone biasanya akan menggunakan teknik dual ring sehingga memiliki fault tolerance yang sangat tinggi.
• Jaringan backbone dapat mendukung lalu lintas data, suara dan gambar.
• Lingkup jaringan dapat mencapai 100 km.
28.
ISP
Internet
Service Provider (ISP) atau Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah sebuah
perusahaan atau sebuah organisasi yang menyediakan jasa layanan koneksi akses
internet untuk perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain - lain.
Fungsi ISP
·
Sebagai media
yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
·
Menghubungkan
pelanggan ke gateway internet terdekat.
·
Menyediakan
modem untuk dial-up.
·
Menghubungkan
seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
·
Memungkinkan
seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
·
Memungkinkan
seorang user melakukan percakapan suara via internet.
·
Memberi tempat
untuk homepage.
·
ISP melakukan
proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk
pelanggannya.
29.
Browser
Pengertian browser
dalam dunia internet adalah software atau alat yang digunakan untuk menjelajah
internet. Pengertian browser tersebut sejalan dengan istilah “browse” dalam
bahasa inggris yang artinya melihat-lihat atau membaca-baca. Arti browser oleh
beberapa kalangan disamakan pula sebagai “perambah”.
Beberapa
browser cukup terkenal antara lain :
1.
Mozilla Firefox
2. Google Chrome
3.
Microsoft Internet Explorer
4.
Opera
5.
Safari dll
30.
HTML
HTML
(Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa
markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan
menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari
sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan
percetakan yang disebut dengan SGML (Standard
Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang
digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan
standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World
Wide Web Consortium (W3C).
Secara
garis besar, terdapat 4 jenis elemen dari HTML:
·
structural. tanda
yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah teks (contoh,
<h1>Golf</h1>
akan
memerintahkan browser untuk menampilkan “Golf” sebagai teks tebal besar yang
menunjukkan sebagai Heading 1
·
presentational. tanda
yang menentukan tampilan dari sebuah teks tidak peduli dengan level dari teks
tersebut (contoh,
<b>boldface</b>
akan
menampilkan bold.
Tanda presentational saat ini sudah mulai digantikan oleh CSS dan tidak
direkomendasikan untuk mengatur tampilan teks,
·
hypertext. tanda
yang menunjukkan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau pranala ke
dokumen lain (contoh,
<a
href="http://www.ilmukita.com/">IlmuKita</a>
akan
menampilkan IlmuKita sebagai sebuah hyperlink ke URL tertentu),
·
Elemen widget yang
membuat objek-objek lain seperti tombol (<button>), list (<li>),
dan garis horizontal (<hr>).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar